cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
ISSN : 25793276     EISSN : 25496174     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (JISD) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan dasar bagi masyarakat akademik. Jurnal ini terbit 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, November).
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2017): Mei 2017" : 9 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Pemetaan Pikiran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV Uci Ragayanti; I N Murda
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 1 No 2 (2017): Mei 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jisd.v1i2.10139

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn setelah penerapan model pembelajaran Pemetaan Pikiran SD Negeri 3 Banyar Anyar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Banyar Anyar Tahun Pelajaran 2016/2017, Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar adalah metode tes dengan alat pengumpulan data berupa tes hasil belajar yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan persentase rata-rata hasil belajar siswa dari 70,55 % dalam kategori sedang dan ketuntasan secara klasikal pada siklus I adalah 44,5%pada siklus I menjadi sebesar 80,6% dalam kategori tinggi pada siklus IIdan ketuntasan secara klasikal pada siklus II sebesar 94,4%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model pembelajaran Pemetaan Pikiran dapat dijadikan salah satu alternatif dalam mengajar, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran Ketut Sutarmi; I Made Suarjana
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 1 No 2 (2017): Mei 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jisd.v1i2.10141

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode Problem Solving pada mata pelajaran IPA di kelas VA SD No. 2 Dalung Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis ini adalah Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A di SD No. 2 Dalung yang berjumlah 33 siswa. Data dianalisis dengan tehnik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas VA SD No. 2 Dalung. Presentase rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72,12%. Presentase rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 82,58%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Problem Solving pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V A SD No. 2 Dalung Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V A A Sagung Putra Mas Dewi; Ni Wayan Rati
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 1 No 2 (2017): Mei 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jisd.v1i2.10142

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan untuk  mengetahui  peningkatan belajar IPA dengan penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V semsester ganjil SD No. 2 Kapal tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V  di SD No  Kapal, sebanyak 34 orang siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode tes objektif. Data yang didapatkan dari metode tes selanjutnya dianalisis dengan teknik  deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pada siklus I rata-rata hasil belajar IPA siswa sebesar 69,41% pada kategori cukup dan  meningkat menjadi 84% pada siklus II yang berada pada kategori tinggi. Terjadi peningkatan sebesar 14,59%.
Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Putu Muliyantini; Desak Putu Parmiti
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 1 No 2 (2017): Mei 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jisd.v1i2.10143

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) siswa kelas V SD No. 1 Abianbase. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan tes hasil belajar IPA dan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode tes. Berdasarkan data yang diperoleh pada siklus I hasil belajar siswa 66,67% berada pada kategori sedang. Pada siklus II hasil belajar siswa 90,91% berada pada kategori sangat tinggi. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 24,24% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan analisis dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat efektif meningkatkan hasil belajar IPA, materi sifat bahan dan struktur penyusunnya pada siswa kelas V SD No. 1 Abianbase
Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA Putu Ari Susanti; Ni Nyoman Kusmariyani
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 1 No 2 (2017): Mei 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jisd.v1i2.10144

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA  melalui penerapan model Picture And Picture berbasis Pendekatan Saintifik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dikumpulkan dengan metode tes, kemudian data dianalisis dengan teknik analisis satatistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 55%, selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88%.  Peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II sebesar 38%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Picture And Picture berbasis Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD N 6 Sumerta
Pengembangan Pendidikan Multikultur Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar G.A. Putu Sukma Trisna
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 1 No 2 (2017): Mei 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jisd.v1i2.10145

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan inovasi pengembangan materi dan model pendidikan multikultur dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Secara rinci, tujuan penelitian ini adalah: (1) mengidentifikasi kesiapan personal dan profesional guru dalam melaksanakan pendidikan multikultur dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, (2) mengidentifikasi dan memformulasikan struktur materi pendidikan multikultur yang layak dikembangkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar, (3) memetakan dan menganalisis instrumen penilaian yang selama ini dikembangkan oleh guru dalam pendidikan multikultur pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar, serta (4) memetakan dan menganalisis hambatan utama guru dalam mengembangkan pendidikan multikultur pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development), dengan instrumen pengumpul data berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, tes hasil belajar, dan angket terbuka.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sekolah dan guru telah memiliki kesiapan yang cukup signifikan untuk dilibatkan dalam pengembangan model pendidikan multikultur, (2) pengorganisasian materi pendidikan multikultur saat ini masih terintegrasi dengan materi Bahasa Indonesia serta bersifat sparated, (3) penilaian yang saat ini dikembangkan oleh guru lebih mengacu pada penilaian produk atau hasil belajar dengan menggunakan tes tertulis bentuk uraian dan isian singkat, (4) hambatan utama guru dalam mengembangkan pendidikan multikultur adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan mereka tentang model-model pendidikan multikultur dan terbatasnya media pembelajaran yang bisa digunakan untuk memfasilitasi pengalaman-pengalaman personal dan sosiokultural siswa dalam kehidupan masyarakat, yang mencakup: konsepsi sosial, konsepsi kultural, dan konsepsi personal dalam balutan pembelajaran Bahasa Indonesia
Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Nani Mediatati; Istiana Suryaningsih
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 1 No 2 (2017): Mei 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jisd.v1i2.10146

Abstract

Model pembelajaran PKn dengan ceramah dan tidak digunakannya media  menyebabkan siswa mudah bosan dan kurang aktif  dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil tes, hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Bugel 01 Salatiga yang tuntas mencapai KKM  ≥70 hanya 37,5% dan 62,5% belum tuntas. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui penggunaan model pembelajaran course review horay dengan media flipchart. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri  dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 16 orang. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif untuk data kuantitatif  yaitu membandingkan ketuntasan hasil belajar PKn siswa pada kondisi awal, siklus I dan siklus II serta analisis kritis untuk data kualitatif dari hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa dengan KKM ≥70 setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 75% dan pada siklus II mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini  dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran course review horay dengan media flipchart dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Bugel 01 Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016
Penerapan Model Pembelajaran Ips Berbasis Nilai-Nilai Tradisi Kebo-Keboan Di Sekolah Dasar Negeri 1 Singojuruh Kabupaten Banyuwangi Untuk Melestarikan Budaya Lokal Moh. Imron Rosidi
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 1 No 2 (2017): Mei 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jisd.v1i2.10147

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan hasil pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai tradisi kebo-keboan di SDN 1 Singojuruh untuk melestarikan budaya lokal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap siswa untuk melestarikan budaya lokal mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan pada siklus I dan II, pada siklus I siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum sebesar 56,88% dengan nilai rata-rata 73,34 dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 78,50% dengan nilai rata-rata 78,20. Kesimpulan dalam penelitian inii adalah penerapan pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai tradisi kebo-keboan dapat meningkatkan hasil belajar dan melestarikan budaya lokal
INOVASI PEMBELAJARAN SAINTIFIK DENGAN SNOWBALL THROWING DALAM PROSES MENANYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA I Nyoman Jampel; I Wayan Widiana; Made Yeni Juliantari
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 1 No 2 (2017): Mei 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jisd.v1i2.10159

Abstract

This research is aimed at determine the differences students learning outcome between of students applying scientific approach in process of questioning assisted by Snowball Throwing and students applying conventional learning. This research is a quasi experimental which used non equivalent post-test only control group design. The population were 3rd  grade Of  Elementary School student in school piloting of Curriculum 2013, Buleleng District with  the number of the student were 358 students, through random sampling technique. The data of  students’ learning outcomes were collected using regular multiple choice test and essay test. The data were analyzed by using descriptive statistics namely modus, media, mean and inferential statistic, namely t-test. The result of t-test analysis that thitung is greater than ttabel, 2,7327 > 1,9965 with 66 df. It can be concluded that scientific approach in process of questioning assisted by Snowball Throwing gave  a significant learning outcomes of  3rd  grade elementary school.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 3 (2023): Agustus Vol 7 No 2 (2023): May Vol 7 No 1 (2023): February Vol 6 No 2 (2022): May 2022 Vol 6, No 1 (2022): February 2022 Vol 6 No 1 (2022): February 2022 Vol 6 No 4 (2022): November Vol 6 No 3 (2022): August Vol 5 No 4 (2021): November 2021 Vol 5, No 4 (2021): November 2021 Vol 5 No 3 (2021): August 2021 Vol 5, No 3 (2021): August 2021 Vol 5 No 2 (2021): May 2021 Vol 5 No 1 (2021): February 2021 Vol 5, No 4 (2021): November Vol 5, No 3 (2021): Agustus Vol 5, No 2 (2021): May Vol 5, No 1 (2021): February Vol 4 No 4 (2020): November 2020 Vol 4 No 3 (2020): August 2020 Vol 4, No 2 (2020): Mei 2020 Vol 4 No 2 (2020): May 2020 Vol 4, No 1 (2020): February 2020 Vol 4 No 1 (2020): February 2020 Vol 4, No 4 (2020) Vol 4, No 4 (2020): November Vol 4, No 3 (2020): Augustus Vol 3, No 4 (2019): November 2019 Vol 3 No 4 (2019): November 2019 Vol 3 No 3 (2019): Agustus 2019 Vol 3, No 3 (2019): Agustus 2019 Vol 3 No 2 (2019): Mei 2019 Vol 3 No 1 (2019): Februari 2019 Vol 3, No 3 (2019) Vol 3, No 2 (2019) Vol 3, No 1 (2019) Vol 2 No 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol 2 No 3 (2018): Agustus 2018 Vol 2, No 3 (2018): Agustus 2018 Vol 2, No 2 (2018): Mei 2018 Vol 2 No 2 (2018): Mei 2018 Vol 2, No 1 (2018): Februari 2018 Vol 2 No 1 (2018): Februari 2018 Vol 1 No 4 (2017): November 2017 Vol 1, No 4 (2017): November 2017 Vol 1 No 3 (2017): Agustus 2017 Vol 1, No 3 (2017): Agustus 2017 Vol 1 No 2 (2017): Mei 2017 Vol 1, No 2 (2017): Mei 2017 Vol 1 No 1 (2017): Februari 2017 Vol 1, No 1 (2017): Februari 2017 More Issue